Dandim 0601/ Pdg Hadiri Sosialisasi Vaksin Covid-19 Bersama Forkompinda

Komandan Kodim (Dandim) Letkol Kav Dedi Setiadi menghadiri kegiatan sosialisasi vaksin Covid-19, Dalam rangka optimalisasi persiapan penyelenggaraan vaksinasi untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Pandeglang, oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Senin (4/01)

Kegiatan yang dihadiri pemerintah Kabupaten Pandeglang, Forkopimda dan Lintas Sektoral untuk menerima paparan dari Hj. Raden Dewi Setiani selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang.

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE.MM., dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Covid-19 benar adanya dan masih berlangsung dan belum tahu sampai kapan selesainya. Bahaya Covid-19 ini tidak hanya melanda negara kita Indonesia saja akan tetapi bahkan hampir di seluruh negara yang terkena wabah virus Corona tersebut.

“Ditengah pandemi saat ini diharapkan kita menjadi juru bicara untuk menyampaikan hal-hal yang sangat penting untuk di sampaikan kepada masyarakat. Mari kita ikuti kegiatan sosialisasi vaksinasi Covid-19 dengan seksama agar mendapat pemahaman tentang vaksin yang akan direalisasikan dan diberikan kepada kita semua,” ujar Hj. Irna Narulita.

Diakhir sambutannya Bupati mengatakan “Sebelum vaksinasi diberikan kepada masyarakat, saya Bupati Pandeglang yang pertama akan di Vaksin terlebih dahulu,” pungkasnya.

Dalam paparannya Ka Dinkes Pandeglang menyampaikan bahwa masyarakat sangat penting mendapat vaksinasi di masa pandemi. Hal ini dilakukan agar tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Meskipun vaksinasi memberikan kekebalan secara individu, namun terciptanya herd immunity akan melindungi masyarakat yang tidak memperoleh vaksinasi karena alasan tertentu, sehingga terlindungi dari paparan penyakit,” terangnya.

Lebih lanjut Kadinkes menyampaikan untuk mencapai kekebalan kelompok atau komunitas ini, prinsip gotong royong merupakan hal yang utama. Kekebalan komunitas dapat dicapai, apabila masyarakat yang sehat dan memenuhi kriteria melakukan vaksinasi. Sehingga dengan jumlah yang memadai, maka akan tercipta herd immunity, sekaligus melindungi kelompok-kelompok yang tidak di vaksinasi.

Dr. dr. TB. Rachmat Sentika, SPA dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Jakarta dalam materi yang disampaikan selaku narasumber menyampaikan Bahwa Vaksin melatih sistem imun kita untuk menciptakan protein yang dapat melawan penyakit, yang disebut antibodi, seperti jika kita terpapar pada suatu penyakit, tetapi perbedaan pentingnya adalah bahwa vaksin bekerja tanpa membuat kita sakit.

“Orang yang telah diimunisasi terlindung dari penyakit yang bersangkutan dan tidak dapat menyebarkannya, sehingga memutus rantai penularan,” ucapnya.

Komandan Kodim (Dandim) Letkol Kav Dedi Setiadi ditempat yang sama menyampaikan pihaknya siap membantu pemerintah daerah dalam mensosialisasikan ke pada warga melalui Koramil jajaran Kodim 0601/ Pandeglang.

Berita Lainnya

Personil Kodim 0601/ Pandeglang Laksanakan Pengamanan Nataru Di PLTU Banten 2 Labuan

Dalam upaya meningkatkan pengamanan menghadapi libur panjang nasional perayaan natal tahun 2020 dan menyambut pergantian …

Leave a Reply