Kapten Inf Tata Mewakili Dandim Hadiri Kegiatan Gladi Lapangan Simulasi Bencana Alam Banjir

Perwira Seksi Personil (Pasi Pers) Kapten Inf. Tata yang sekaligus Pengganti Sementara  (PGS) Danramil 0111/Pagelaran mewakili Komandan Kodim menghadiri kegiatan Galdi Lapangan Simulasi Darurat Bencana Banjir Intregrasi Covid-19 Kabupaten Pandeglang bertempat di  lapangan Pagelaran, Rabu (24/11)

Kegiatan tersebut di gelar atas kerjasama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang dan Yayasan Adventist Development And Relief Agency (ADRA) Indonesia yang merupakan lembaga kemanusiaan yang bergerak di bidang pelatihan pengembangan masyarakat dan bantuan bencana alam.

Menurut Koordinator Regency Adventist Development And Relief Agency (ADRA) Nayla Idri menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan workshop penyusunan draf penanganan bencana, ada 13 macam bencana di Kabupaten Pandeglang dan salah satunya bencana banjir.

“Dalam penanganan bencana banjir yang harus kita perhatikan adalah koordinasi, terkadang dalam penanganan bencana ini kita jalan sendiri-sendiri, makanya kita akan buat ini satu pintu dengan komandonya, yakni ada di Pemerintah daerah, agar penanganan bencana banjir ini dilakukan secara cepat, tanggap baik penanganan maupun pemberian bantuanya semua satu pintu Pemerintah daerah yang memegang peranan, “terangnya.

Rahmat Zultika, SP., selaku Plt. Kalak Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang menyampaikan Kami sangat menyambut baik dengan program dari NGO ini mudah – mudahan ini bisa menjadi pondasi yang baik untuk kesiapsiagaan bencana di Pandeglang.

Sementara itu Kapten Inf. Tata disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa wilayah Koramil 0111/Pagelaran yang meliputi kecamatan Pagelaran dan kecamatan Patia hampir setiap tahun selalu dilanda bencana alam banjir,  hal tersebut terjadi disaat debit air sungai yang melintasi diwilayah tersebut tinggi dan pasang air laut wilayah perairan selat sunda.

“Sungai besar yang melintas di wilayah kecamatan Pagelaran dan Patia yaitu sungai Cilemer, sungai tersebut bermuara ke perairan selat sunda di desa Tegal Papak Kecamatan Pagelaran dan Sungai Cibama yang bermuara di wilayah Desa Margasana kecamatan Pagelaran”, terangnya.

Berita Lainnya

Launching Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung

Kodim 0601/Pandeglang Hari ini Luncurkan Program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW)

Kodim 0601/Pandeglang terus berupaya menekan laju penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta berusaha untuk …

Leave a Reply