Dandim 0601 Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi Pada Kegiatan Apel Kesiapsiagaan Bencana
Dandim 0601 Pandeglang Pada Kegiatan Apel Kesiapsiagaan Bencana

Dandim 0601/Pandeglang Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana

Komandan Kodim (Dandim) 0601/Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi menghadiri kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021 yang diselenggarakan Kepolisian Resor (Polres) Pandeglang bertempat di Lapangan Apel Polres Pandeglang pada Kamis (11/11)

Pada kegiatan Apel Gelar Pasukan tersebut, melibatkan personil dari Kodim 0601/Pandeglang, BPBD dan PMI Kabupaten Pandeglang. Bertindak selaku pemimpin apel Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah, S.H., S.I.K., M.H.

Selain Dandim 0601/Pandeglang kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana turut dihadiri oleh Kajari Pandeglang Suwarno, S.H., M.H., Plt. Kepala Pelaksanana BPBD Kabupaten Pandeglang Rahmat Zultika, SP dan para pejabat utama Polres Pandeglang.

Dalam arahannya Kapolres Pandeglang menyampaikan bahwa berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Pandeglang, curah hujan untuk beberapa bulan kedepan diperkirakan akan semakin meningkat dan diperkirakan puncak curah hujan pada bulan November sampai bulan Desember 2021 di seluruh wilayah Kabupaten Pandeglang.

“Apel kesiapsiagaan bencana dilakukan sebagai bentuk respon Pemerintah Kabupaten Pandeglang bersama jajaran TNI-Polri dan Instansi terkait guna mengantisipasi kejadian bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi sekaligus pengecekan kesiapan dari personel, sarana dan prasarana yang ada guna menunjang kegiatan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana maka sudah siap di turunkan ke lapangan”, ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa berdasarkan hasil kajian, merupakan daerah yang memiliki tingkat kerawanan dan tingkat resiko serta potensi yang tinggi terhadap bencana alam seperti banjir dan longsor ditambah saat ini sudah memasuki musim penghujan. “Untuk menyikapi hal itulah, kita mengajak seluruh pihak terkait para pemangku wilayah mulai tingkat desa dan kecamatan serta lembaga swadaya masyarakat untuk turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin dalam penanggulangan bencana alam serta kepedulian terhadap lingkungan”, ungkapnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0601/Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi usai melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana menyampaikan kepada media sesuai dengan peran, fungsi, dan tugas TNI dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 34 tahun 2004 tentang tugas pokok TNI selain Perang diantaranya yaitu membantu pemerintahan di daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan serta membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue)

“Kita telah menyiapkan peralatan penanggulangan bencana alam banjir di beberapa koramil salahsatunya dikoramil 0111/Pagelaran berupa perahu dan perlengkapan lainnya yang bisa digunakan untuk evakuasi. Semua Prajurit Kodim 0601/Pandeglang harus siap dilibatkan kapanpun dalam penanggulangan bencana Khususnya di wilayah Kabupaten Pandeglang”, pungkasnya.

Berita Lainnya

Launching Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung

Kodim 0601/Pandeglang Hari ini Luncurkan Program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW)

Kodim 0601/Pandeglang terus berupaya menekan laju penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta berusaha untuk …

Leave a Reply